28 April 2005

PC Baru

Gua baru aja ganti PC dan musti install segala macam softwarenya, dari OS sampai aplikasi. PC baru gua punya merk HP Compaq dc7100 USDT; monitornya HP p1230. Hardware tambahannya usb-to-serial converter merk Aten (Chinese homemade products rule!).

Pakai dual OS, WinXP Pro SP1 (SP2 sucks!) dan FreeBSD 5.3 dengan Gnome2 jalan di atas XOrg.

Di WinXP ada Microsoft Office 2003 (including MS Visio 2003 Pro), Google Desktop Search, Picasa2, PuTTY, Tor&Privoxy, Solarwinds TFTP Server, plus aplikasi-aplikasi pendukung lainnya. No game at this moment.;)

FreeBSD baru diinstall hari ini. Gua baru aja compile flow-tools dan flowscan buat collecting Netflow data dan buat grafiknya. Lumayan berbelit-belit install dan configurenya. Soalnya belum ada comprehensive manualnya; masih berserakan di mana-mana. So far, gua sudah bisa collecting netflow datanya, tinggal buat report dan grafiknya. Insya Allah, kalo sudah selesai nanti gua sempatkan buat step-by-stepnya deh.:)

Ada sedikit masalah buat cek corporate mail kalo gua pakai FreeBSD. Soalnya musti connect ke Exchange Server, dan protokol yang diaktifkan cuma MAPI. Gua lagi coba Evolution, tapi katanya kan sudah dibeli sama Novell dan musti bayar. Coba dulu deh, kalo nggak bisa kan gua masih bisa pakai Outlook Web Access (OWA) via http browser. Atau mungkin ada yang tau free/open-source mail client yang bisa MAPI?