08 Maret 2005

VLAN Trunking/Tagging antara Cisco Switch dan Non-Cisco Switch

Ada pertanyaan, bisa nggak kita buat VLAN trunk antara dua switch dari vendor yang berbeda. Atau begini, bagaimana konfigurasi VLAN trunk antara Cisco switch dan switch dari vendor yang lain (misal HP switch)?

Cisco punya protokol bawaan (proprietary) yang namanya ISL (Inter Switch Link). Karena sifatnya proprietary vendor lain tidak mendukung protokol tersebut. Namun IEEE sudah punya standar yang fungsinya mirip dengan ISL, namanya IEEE 802.1Q VLAN Tagging. Cisco catalyst (baca: switch) model baru juga sudah mendukung protokol 802.1Q, selain ISL, untuk VLAN Trunking/Tagging.



Pada dot1q (IEEE 802.1Q) ada istilah tagged dan untagged. Konsepnya sederhana aja. Frames yang akan diforward ke switch port yang diset sebagai trunk (multiple VLAN port) akan dikasih tag tambahan yang berfungsi untuk mengidentifikasikan frame tersebut masuk dalam VLAN ID yang mana. Untagged frame biasanya digunakan untuk VLAN default/management/native.

Misal kita buat tiga VLAN: vlan1, vlan2, dan vlan3. Pada switch, port-port yang hanya masuk dalam vlan1 kita set vlan1-nya untagged, vlan2 dan vlan3-nya nggak boleh lewat. Port-port yang hanya masuk dalam vlan2 kita set vlan2-nya untagged, vlan1 dan vlan3-nya nggak boleh lewat. Dan port-port yang hanya masuk dalam vlan3 kita set vlan3-nya untagged, VLAN lain nggak boleh lewat.

Untuk port yang dijadikan VLAN trunk, yang melewatkan multiple VLAN, kita set salah satu untagged, dan lainnya tagged (misal vlan1 untagged, vlan2 dan vlan3 tagged). Supaya dua switch yang terhubung menggunakan multiple VLAN trunk bisa forward frame sesuai dengan VLAN masing-masing, setting tagged-untagged dan VLAN ID antara kedua switch musti identik.

Tagged digunakan hanya untuk port yang diset untuk melewatkan lebih dari satu VLAN. Kalau port tersebut hanya masuk ke dalam satu VLAN, set port tersebut untagged pada VLAN tersebut. Perlu diingat bahwa dalam satu port kita tidak bisa set lebih dari satu VLAN sebagai untagged.

Berikut ini contoh konfigurasi cisco switch dan hp switch yang terhubung menggunakan 802.1Q VLAN tagging. Port GigabitEth2/2 cisco switch connected to port 26 hp switch.

Cisco switch:
!
interface GigabitEthernet2/1
switchport access vlan 28
!
interface GigabitEthernet2/2
description VLAN Trunk to HP Switch
switchport trunk encapsulation dot1q /* protokol 802.1Q */
switchport trunk native vlan 28 /* vlan 28 untagged */
switchport trunk allowed vlan 28,29 /* vlan 29 tagged */
switchport mode trunk
!
interface GigabitEthernet4/1
switchport access vlan 27
!

HP Switch:
vlan 1
untagged 1-20,24-26
no untagged 21-23
exit

vlan 29
untagged 21-23
tagged 26
exit

Pada kedua switch, vlan 29 tagged dengan ID yang sama sehingga berada dalam VLAN yang sama. VLAN 28 pada cisco dan vlan 1 pada hp berada pada satu VLAN yang sama walaupun IDnya berbeda, karena keduanya diset untagged maka frame yang dipertukarkan identik (tanpa tag yang menginformasikan VLAN ID).

3 Comments:

Blogger rAdEn DhUrO said...

wah ini nih artikel yg aku cari
MAS TANYA,kebetulan aku sekarang pake 3com 4500G yg berisi 48 port + 4 SFP, disini sudah aku buatakan vlannya dimana ID-1(default) untuk ip 192.168.1.5,ID-2 untuk IP 192.168.2.5, ID-3 untuk IP 192.168.3.5,(dan kebetulan aku untaged semua dan yg saya tanyakan saya pingin ID-2 dan ID-3 tidak dapat berhubungan,tapi bisaberhubungan dg ID-1,tolong mas mgkin mas diekoe bisa menbantu setting?bisa kirim email or YM ke raden_fahmi@yahoo.com,ato dijawab disini.trims sebelumnya mas!

2/2/09 07:25  
Anonymous jonkids said...

good article, but still confuse with native vlan, tagged and untagged frame

please, feel free to get any healthy tips information and article on behealthypeople.com

thank's in advanced

20/10/15 14:22  
Anonymous sekar said...

terimakasih mas infonya, bermanfaat sekali untuk tugas kuliah saya

kunjungan balik ya mas, jika ingin membeli aksesories wanita secara handmade dari batu-batu alam, di sekarshop aksesories wanita muslim online bisa juga pengadaan aksesories untuk souvenir pernikahan

terimakasih :)

20/10/15 14:29  

Posting Komentar

<< Home