02 Maret 2005

ISA Server 2000 Handicap?

Ada kasus seperti ini. Gua punya ISA server 2000 dipakai hanya untuk outgoing http proxy saja. Autentikasi client berdasarkan IP address DAN username. Detail policynya sebagai berikut.

1. Authorized user yang menggunakan authorized PC (dengan IP address tertentu) boleh akses http ke internet dan http ke intranet (lokal).
2. Sisanya hanya boleh akses ke http intranet, tidak ke internet.

Masalahnya adalah gua nggak terbiasa dengan cara kerja ISA server ini, jadi agak susah kalo mo implement policy tersebut ke ISA server. Di ISA server ini ada tiga komponen untuk ngatur access policy; yaitu Site and Content Rules, Protocol Rules, dan IP Packet Filters.

Pada Site and Content Rules kita bisa buat rules berdasarkan destination, content, dan siapa client yang kena rules ini. Contentnya nggak perlu difilter jadi gua buat any. Destination bisa diset internal, eksternal, IP tertentu, ATAU any. Client bisa diset username, IP address, atau any.

Pada Protocol Rules kita bisa buat rules berdasarkan protokol dan clientnya. Sama seperti pada Site and Content Rules, client bisa diset user, IP address, ATAU any.

IP Packet Filters lebih berfungsi sebagai firewalling, bukannya proxying, jadi nggak relevan untuk dijelaskan di sini.

Menurut manualnya, rules pada ISA dilakukan sekuensial dimulai dari Protocol Rules, kemudian Site and Content Rules, dan terakhir IP Packet Filters. Detail flowchartnya begini. Client request ke ISA, kemudian dilakukan proses berikut:



1. ISA akan ngecek apakah ada Protocol Rules yang DENY request. Jika ada langsung didrop, jika tidak ada lanjut ke step 2.
2. ISA ngecek apakah ada Protocol Rules yang ALLOW request. Jika tidak ada langsung didrop, jika ada lanjut ke step 3.
3. ISA akan cek apakah ada Site and Content Rules yang DENY request. Jika ada langsung didrop, jika tidak ada lanjut ke step 4.
4. ISA akan cek apakah ada Site and Content Rules yang ALLOW request. Jika tidak ada langsung didrop, jika ada lanjut ke step 5.
5. ISA melakukan fungsi firewalling dengan IP Packet Filtersnya, dan kemudian routing atau drop requestnya.

Gua sudah buat Protocol Rules yang mengizinkan IP address tertentu untuk akses all IP protocols. Juga sudah buat Site and Content Rules yang mengizinkan user tertentu untuk akses ke external destination; serta sebuah lagi yang mengizinkan any user untuk akses ke internal destination.

Dengan rules tersebut hanya policy pertama yang bisa diimplementasi. Policy kedua tidak bisa fully applied karena hanya authorized PC (with any user) saja yang bisa akses http ke internal.

Kalo dibalik, user tertentu boleh akses all IP protocols, IP address tertentu boleh akses ke external destination, serta any IP address boleh ke internal; maka policy pertama bisa fully applied namun policy kedua hanya bisa diakses oleh any user yang menggunakan authorized PC.

Gua sudah coba utak-atik konfigurasi yang mungkin, tapi sepertinya ISA server memang nggak bisa apply policy seperti itu yah? Atau mungkin pola pikir dan logika gua beda dengan ISA server jadi nggak ketemu? Gua juga sudah coba ngubek-ngubek www.isaserver.org tapi belom ketemu konfigurasi yang mirip. Kalo ada saran, it will be very appreciated.:)

Please jangan saranin gua untuk manually nambahin internal address/server di client browser setting supaya nggak lewat proxy buat akses ke internal. Soalnya ada hampir 1000 PC yang musti diubah. Walaupun bisa dipush via GPO Win2k, itu bukan solusi buat client yang masih pake windows jebot.

Kalo pake firewall/router buat transparent proxy sih gua sudah kebayang insya Allah bisa applied tuh policynya, tapi nggak ada cache. Pake squid, insya Allah bisa, tapi forget using free software. Maklum, nggak ada yang bisa disalahin kalo terjadi masalah.:)